Pengertian Kesejahteraan Sosial


.

Pengertian Kesejahteraan Sosial

-Kesejahteraan Sosial dalam arti yang sangat Luas mencakup berbagai tindakan yang dilakukan manusia untuk mencapai tingkat kehidupan masyarakat yang lebih baik.
berikut beberapa definisi kesejahteraan sosial:

-Walter Friediander "social welfare is the organized system of social service and institutions, designed to aid Individualis and group to attain standart of life and health" (kesejahteraan sosial merupakan sistem yang terorganisir dan institusi dan pelayanan sosial yang dirancang untuk membantu individu ataupun kelompok agar dapat mencapai standar hidup dan kesehatan yang lebih memuaskan).

-Elizabeth Wickenden "social welafre includes those laws, programs, benefits and services which assure of strengthen provisions for meeting social needs recognized to the well-being of the population and the betteer functioning of the social order" ( kesejahteraan sosial termasuk didalamnya adalah peraturan perundangan, program, tunjangan dan pelayanan yang menjamin atau memperkuat pelayanan untuk memenuhi kebutuhan sosial yang mendasar dari masyarakat serta menjaga ketentraman dalam masyarakat).

-Pre-Conference working Commiittee for the XVth International Conference of Social Welfare "social welfare is all the organized social arragements which have as their direct and primary objective the well-being of people in social context. It includes the broad range of policies and services which are concerned whith various aspects of people live-income, security, health, housing, education, recreation, cultural traditions. etc" (kesejahteraan sosial adalah keseluruhan usaha sosial yang terorganisir dan mempunyai tujuan utama untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat berdasarkan konteks sosialnya. Di dalamnya tercakup pula kebijakan dan pelayanan yang terkait dengan berbagai kehidupan dalam masyarakat, seperti pendapatan; jaminan sosial; kesehatan; perumahan;pendidikan; rekreasi; tradisi budaya dan lain sebagainya).

-UU No. 6 Tahun 1974 tentang pokok Kesejahteraan sosial " kesejahteraan sosial aadalah suatu tata kehidupan dan penghidupan sosial materill maupun spiritual yang diliputi oleh rasa kesselamatan, kesusilaan, dan ketentraman lahir batin, yang memungkinkan bagi setiap, warganegara untuk mengadakan usaha pemenuhan kebutuhan-kebutuhan jasmani, rohaniah dan sosial yang sebaik-baiknya bagi diri, keluarga serta masyarakat dengan menjunjung tinggi hak-hak asasi serta kewajiban manusia sesuai denagan Pancasila".

-PBB: suatu institusi atau bidang kegiatan yang melibatkan aktivitas terorganisir yang diselengarakan baik oleh lembaga-lembaga pemerintah maupun swasta yang bertujuan untuk mencegah, mengatasi atau memberikan konstribusi terhadap pemecahan masalah, peningkatan kualitas hidup individu, kelompok dan masyarakat.


Tiga Konsepsi Kesejahteraan Sosial:

1. Kondisis kehidupan atau keadaan sejahtera, yakni terpenuhinya kebutuhan-kebutuhan jasmaniah, rohaniah dan sosial.
2. Institusi, Arena atau bidang kegiatan yang melibatkan lembaga kesejahteraan sosial dan berbagai profesi kemanusiaan yang menyelenggarakan UKS (Usaha Kesejahteraan sosial) dan pelayanan sosial.
3. Aktivitas, yakni suatu kegiatan-kegiatan atau usaha terorganisir untuk mencapai kondisi sejahtera.

Nilai dan Prinsip Dasar Ilmu Kesejahteraan Sosial

1. Agen perubah (Change agent)
-Setiap manusia mempunyai hak untuk memenuhi kebutuhan dasarnya.
-setiap manusia berhak mendapatkan perlindungan dan kesempatan dalam memenuhi dan kebebasan asasinya.
2. Dalam intervensi harus melibatkan (partisipasi) warga masyarakat
3. Intervensi berkesinambungan.

PRINSIP KESSOS

Pandangan Midgley:
1. Individual
2. Intervensi Langsung
3. Determinasi diri dan kemampuan menolong diri sendiri
4. Penerimaan

Pandangan Maas:
1. Peneimaan
2. Komunikasi
3. Individualisasi
4. Partisipasi

Your Reply